Sistem Kopling Mobil

Home » » Sistem Kopling Mobil
A.     Pengertian
Kopling adalah salah satu pemindah tenaga atau daya yang menghubungakan daya yang dihasilakan engine dapat menghasilkan suatu usaha dengan adanya putaran roda pada kopling.
Adapun fungsi dari kopling tersebut adalah :
1.      Menghubungakan dan memutuskan putaran pada engine ke transmisi.
2.      Membuat bekerjanya perpndahan gear pada transmisi.
3.      Memungkinkan kendaraan dapat bergerak lembut/lambat pada saat kendaraan mulai bergerak maju.

Gambar.11 Mekanisme kopling dalam kendaraan
B.     Prinsip kerja
              i.      Saat Pedal Kopling Diinjak
Saat Kopling diinjak maka Clutch Release Lever Fork menekan Release Bearing kedepan sekaligus menekan Diafragma Spring,maka Diafragma Spring mengungkit Presure Plat untuk mebebaskan jepitan Disc Clutch terhadap Fly Wheel.Karena disc Clutch tidak tertekan,putaran Engine tidak dapat diteruskan.
                

 
Saat Pedal Kopling Dilepas
Pada saat Pedal Kopling dilepas Release Fork kembali ke posisi semula dan Release Bearing tidak menekan Diafragma Spring dengan demikian Diafragma tidak mengungki Presure Plate dan Disc Clutch kembali terjepit ke Fly wheel sehingga putaran dapat diteruskan.
B.  Klasifikasi
Mekanisme sytem kopling terbagi menjadi 2,yaitu :
1.      System mekanik
2.      System hidrolis
Ø  Pada system tenaga yang dihasilakan dorongan pedal yang mengerakan release fork diteruskan langsung dengan kabel pembebas.

Gambar.2.1 Sytem penggerak mekanik
Ø  Pada saat penggerak Hidrolis untuk menggerakan release fork melalui penekanan minyak ram pada system hidrolis.

Gambar.2.2 Sytem penggerak hidrolis
Keuntungan dan kerugian dari system mekanis dan hidrolis,yaitu :
a)      System Mekanis
Ø  Keuntungan pada system ini mekanis tebaga yang dihasilkan dorongan yang bergerak ke release fork diteruskan langsung oleh kabel pembebas
Ø  Kerugian pada system mekanis tidak dapt digunakan pada kendaraan yang besar (truck,tronton dll) karena memerlukan tenaga yang besar dan penekan yang cepat.
b)      Sytem Hidrolis
Ø  Keuntungan pada system ini sangat efisien dan cepat dalam pemindahan tebaga dari injakan pedal di release fork.
Ø  Kerugian pada system ini adalah harus selalau mengisi minyak apabila minyak telah habis,karena system ini dalam kerjanya menggunakan bantuan minyak yang ada didalam master silinder.
Thanks for reading Sistem Kopling Mobil

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment